Lowongan Kerja Direktorat Tata Ruang dan Penanganan Bencana Kementerian PPN/Bappenas

Lowongan Kerja Direktorat Tata Ruang dan Penanganan Bencana Kementerian PPN/Bappenas – Tentu saja anda akan merasa nasihat klasik jika ada yang bilang untuk belajar hal baru setiap hari. Namun tidak bisa di pungkiri ini adalah hal yang benar. Karena dengan memiliki banyak keahlian, anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan bahkan bisa membuat lapangan kerja baru.

Sesuai dengan Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Nomor 3 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian PPN/Bappenas.

Pasal 58

Direktorat Tata Ruang, Pertanahan, dan Penanggulangan Bencana mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi dan perumusan kebijakan, sinkronisasi pelaksanaan kebijakan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian, serta penyusunan prakarsa strategis pembangunan lintas sektor perencanaan pembangunan nasional di bidang tata ruang, pertanahan, dan penanggulangan bencana.

Pasal 59

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58, Direktorat Tata Ruang, Pertanahan, dan Penanggulangan Bencana menyelenggarakan fungsi:

  1. koordinasi dan perumusan kebijakan perencanaan pembangunan nasional di bidang tema, sasaran, arah kebijakan prioritas pembangunan nasional, kerangka regulasi, kerangka kelembagaan, kerangka pendanaan, kerangka pelayanan umum dan investasi, kerangka kebijakan pengembangan wilayah, dan kerja sama internasional perencanaan pembangunan nasional di bidang tata ruang, pertanahan, dan penanggulangan bencana;
  2. koordinasi dan perumusan kerangka kebijakan pengembangan wilayah berbasis rencana tata ruang wilayah, data informasi dan analisis geospasial, aspek pertanahan, dan kerawanan bencana;
  3. koordinasi, sinkronisasi, dan integrasi pelaksanaan kebijakan perencanaan dan pengalokasian anggaran pembangunan nasional di bidang tata ruang, pertanahan, dan penanggulangan bencana berdasarkan rencana tata ruang wilayah, data informasi dan analisis geospasial, aspek pertanahan, dan penanganan bencana;
  4. penyusunan prakarsa strategis pembangunan lintas sektor melalui pengembangan model inovatif pembangunan sebagai dasar penerapan dan pelembagaan dalam rencana dan anggaran Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah di bidang rencana tata ruang wilayah, data informasi dan analisis geospasial, aspek pertanahan, dan penanganan bencana;
  5. koordinasi percepatan pelaksanaan program rencana pembangunan nasional di bidang rencana tata ruang wilayah, data informasi dan analisis geospasial, aspek pertanahan, dan penanganan bencana;
  6. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di bidang rencana tata ruang wilayah, data informasi dan analisis geospasial, aspek pertanahan, dan penanganan bencana;
  7. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi perencanaan pembangunan nasional di bidang tata ruang, pertanahan, dan penanggulangan bencana; dan
  8. pelaksanaan urusan ketatausahaan Direktorat Tata Ruang, Pertanahan, dan Penanggulangan Bencana.

Pasal 60

Susunan organisasi Direktorat Tata Ruang, Pertanahan, dan Penanggulangan Bencana terdiri atas Kelompok Jabatan Fungsional.

Posisi:

Rekrutmen Tenaga Pendukung Substansi 2023

Gambaran Kerja :

  • Membantu penyusunan rencana kerja dan koordinasi lintas pemangku kepentingan dalam rangka pengkajian kebijakan pembangunan bidang Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi
  • Membantu pelaksanaan diskusi pengumpulan dan penggalian data dalam rangka pengkajian kebijakan pembangunan bidang Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi
  • Membantu penyiapan bahan, identifikasi dan analisis kebijakan pembangunan bidang Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi
  • Membantu penyusunan laporan hasil kajian kebijakan pembangunan bidang Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi (Policy Study, Policy Brief, dan Policy Memo)
  • Membantu penyiapan bahan, koordinasi, pengumpulan dan pembaruan data dalam rangka mendukung perencanaan pemindahan ASN ke ibu Kota Negara Nusantara
  • Membantu pelaksanaan tugas lainnya yang terkait dengan lingkup kerja Direktur Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi dan melaksanakan penugasan harian lainnya yang dari pimpinan.

Syarat Pencaker :

  • Pendidikan S1, latar belakang pendidikan/jurusan Ilmu Administrasi Publik, llmu Pemerintahan, Ilmu Hukum, atau Ilmu Ekonomi
  • IPK minimal 3.50 (dari skala 4). diutamakan dari Perguruan Tinggi/Jurusan berakreditasi A
  • Memiliki pengalaman menulis dokumen kebijakan pemerintah, roadmap dan masterplan
  • Memiliki kemampuan menyusun infografis dan creative presentation
  • Memiliki pengetahuan di bidang tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrast
  • Dapat bekerjasama dalam tim dan berkomunikasi dengan baik
  • Fluent in English
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis dan analitis, mampu bekerja dengan disiplin dan sungguh-sungguh serta berkomitmen untuk bekerja sama dalam Tim
  • Bersedia bekerja penuh waktu (full time) selama kontrak berlangsung

Berkas Lamaran :

  • Surat lamaran dan CV, disertai foto diri dan identitos diri berupa KTP (dijadikan dalam 1 file bertormat Pdf, maks. 5Mb)
  • Scan jazah, Transkrip Nilai Akodemik, don sertifikat penunjang lainnya (sertifikat keohion, piogam penghorgaan dan lain-lain) (dijadikan dalam 1 file berformat PDf, maks. 5MB)
  • Satu berkas penelitian/jurnal/kertas kebijakan/artikel yang pernah diterbitkan.

Kirim semua berkas anda melalui email ke:

aparatur@bappenas.go.id

Subjek: Tenaga Pendukung Substansi 2023 – Nama Lengkap

Sumber https://www.bappenas.go.id/karir

Jika Tertarik Dan Memenuhi Kualifikasi Dari Lowongan Ini, Subscribe DISINI

Segera kirim lamaran terbaik anda dan kami berharap anda dapat masuk ke tahap berikutnya. Untuk anda yang sampai saat ini belum mengirimkan lamaran apapun, karena belum merasa percaya diri. Ada baiknya tingkatkan percaya diri anda dengan mengikuti pelatihan yang sesuai dengan bidang anda, dan cobalah berbagi hal baru untuk di pelajari.

Cek Artikel Lainnya :